Kamis, 30 Maret 2017

Menggali Potensi Diri Sendiri



    Nama saya Faisal saya anak ke 4 dari 5 saudara, saya kuliah di universitas gunadarma. Saya tinggal dirumah bersama keluarga saya, saya orangnya sedikit pemalu dengan orang baru tetapi jika sudah kenal saya akan sangat akrab dengan orang tersebut. Saya masuk kuliah mengambil jurusan teknik informatika, sebelumnya saya adalah lulusan dari sebuah smk dengan jurusan Multimedia, memang pasion saya ada di bidang multimedia, dari kecil saya lebih suka melihat kombinasi warna dan perspektif pada setiap bidang. 

 
     Pada awal tk (taman kanak-anak) pada saat itu ada sebuah perlombaan yang di adakan di sebuah tempat di dufan (dunia fantasi) saya diikutkan pada perlombaan mewarnai yang waktu itu saya tidak tahu tinggkatan apa, tapi saya melihat banyak sekali peserta yang ikut dan saya sedikit gugup dan berencana tidak ingin mengikuti perlombaan tersebut, tetapi kedua orang tua saya terus mendorong saya untuk mencoba mengikuti perlombaan tersebut. Pada saat perlombaan saya diberikan sebuah kertas yang bergambar sebuah pemandangan dan terdapat beberapa hewan tetapi tidak memilik warna, dan saya mulai mewarnai tanpa memperdulikan peserta yang lain, dan beberapa kali saya melihat peserta lain mewarnai tidak sesuai dengan warna aslinya contohnya warna gajah harusnya abu-abu tapi peserta lain mewarnai biru, akhirnya saya memberitahu perserta tersebut tetapi dia tidak mendengarkan saya. Singkat cerita ketika pulang dari dufan, guru saya memberitahu bahwa saya mendapat juara 2 pada perlombaan tersebut, ketika itu saya kaget dan diberikan piala yang bergitu besar hingga saya tidak kuat menopangnya. Dari situ mungkin saya senang dengan desain-desain.
     Kemudian pada waku sd setiap kali ada tukang mewarnai yang berada di depan sekolah sd, gambar saya selalu menjadi contoh yang di pajang oleh tukang tersebut, dan juga saya mendapatkan hadiah dari abang mewarnai tersebut seperti jam tangan, mobil-mobilan dll.
       Pada masuk awal smk juga dapat kesempatan untuk mendesain sebuah brosur untuk sekolah smk saya dan saya cukup senang karena desain saya dapat dinikmati oleh adik-adik kelas yang baru, dan juga saya ikut dalam perlombaan sebuah video singkat yang di adakan di universitas pancasila, ketika itu sedang ada hari air nasional, jadi saya ikut menyumbang beberapa karya saya, dan kemudian mendapatkan juara 2 dan hadiah uang tunai senang sekali rasanya dapat memberi uang tersebut kepada orang tua.
      Setelah saya lulus saya sempat mencoba untuk masuk ke tempat universitas negeri seperti ui dan itb namun pada saat ujian soal yang diujikan memang tidak diajarkan dikelas dan juga saya tidak mengikuti bimbel-bimbel, jadi saya gagal masuk ke universitas tersebut emang tidak ada prioritas harus masuk ke universitas negeri, kemudian orang tua saya menyarankan untuk masuk ke universitas gundarma, karena dekat jadi saya bisa pulang pergi tanpa perlu kost biaya pun jadi irit, setelah masuk ke universitas gunadarma saya mengambil jurusan teknik informatika, karna saya rasa TI masuk ke dalam jurusan saya yang sebelumnya adalah multimedia, tetapi ternyata materi yang di ajarkan jauh berbeda karna di TI kita lebih pada dalam jaringan dan pemrograman, karna saya lebih suka mendesain dari pada mengkoding jadi saya mencoba hal hal baru lagi, seperti mendsain web atau pun mendesain prototype dari sebuah software, dan juga saya suka mencoba-coba setiap software editing. Banyak pengalaman dan ilmu yang saya dapat dalam perkuliahan.
    Seiring berjalannya semester akhirnya saya mencoba mendaftarkan sebagai seorang asisten laboratorium multimedia yang berada di kampus D margonda gedung 4 universitas gunadarma, akhirnya saya pun diterima di asisten lab. multimedia tersebut, dari sekian banyak yang mendaftar hanya 6 orang yang akhirnya di terima, disana saya mendapat teman baru dari kelas lain yang juga jurusan TI, disana saya dapat berkenalan dengan dosen dosen yang sering mampir ke lab tersebut menambah wawasan saya serta pengalaman saya. Kita ber 6 akhirnya mendapat tugas untuk membuat modul untuk workshop pada modul tersebut dibagi menjadi 2 modul, teman saya ber 5 bertugas membuat modul tentang desktop author, sedangkan saya bertugas untuk membuat modul tentang game. Kebetulan karna memang hobi saya juga termasuk bermain game, akhirnya saya pun membuat modul membuat game sederhana, setelah selsai membuat modul tersebut akhirnya saya ajukan untuk dijadikan bahasan penulisan ilmiah saya atau PI, dan dosen pempimbing saya pun menyutujuinya.
    Setelah selsai dengan penulisan, Setelah itu akhirnya ada teman kami ber 6 satu orang mengundurkan diri untuk mencoba ke laboratorium lain jadi sekarang kita tinggal ber5, seiring berjalannya waktu akhirya kami di instruksikan oleh hak pemegang lab untuk mencoba menjadi instruktur, buat saya tidak masalah karena memang sebelumnya saya pernah juga mengajarkan adik kelas saya waktu smk untuk belajar software tentang animasi 3D. Tetapi pada kenyataanya hal itu tidak mudah karna praktikan yang ada di lab. Bukan hanya adik kelas tetapi juga ada kakak kelas dan bahkan non kelas yang kalau dibilang sudah berkerja, hal tersebut membuat saya cukup gugup karena memang saya sedikit pemalu, namun setelah beberapa kali kami mencoba untuk menjadi tutor hal itu malah membuat percaya diri saya bertambah karena saya bisa sharing ilmu dan bercerita tentang apa saja pengalaman yang saya sudah lalui. Memang tidak semudah membalikan tangan butuh proses untuk beradaptasi dalam lingkungan lab. Karena disana memang banyak dosen yang sering mampir ke tempat lab saya.
    Setelah itu saya pun mendapat banyak pelajaran dan pengetahuan sampai ada kegiatan untuk melakukan uji coba sertifikasi di bidang 3D dan saya pun ditugaskan untuk mengambil bagian, dari kegiatan itu, saya pun lebih banyak lagi berkenalan dengan banyak dosen dosen termasuk prof. bapak adang yang selaku ketua jurusan TI beliau merupakan pribadi yang baik serta bersahabat kepada mahasiswa beliau tidak segan untuk memberikan sedikit pengetahuannya pada kami. Sertifikasi tersebut saya memang cukup sulit karna selama saya kuliah kita tidak diajarkan oleh materi dari sertifikasi tersebut. Akhirnya kapala lab saya menyuruh kami untuk membuat modul tentang modeling 3D animasi. Kami ber5 pun akhirnya mendapat project yang cukup rumit karena memang teman teman saya tidak begitu memahami tentang konsep dari 3D modelling tersebut. Dalam lab.
    Saya merasakan kekeluargaan yang begitu baik kami saling berbagi bercanda tertawa sedih dan susah bersama, yang tadinya rasa merasa sedikt kecewa dan bingung karena saya kesusahaan diawal kuliah karena harus mengikuti pelajaran yang tidak begitu saya mengerti, setelah masuk lab kami saling bertukar informasi dari berbagai mata kuliah, saya pun senang berada di lab tersebut mendapat ilmu serta menambah rasa percaya diri saya dan juga potensi yang saya milik bisa tersalurkan di dalam lab.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar