Rabu, 26 April 2017

Situasi di tempat kerja dengan pekerjaan yang menumpuk dan membosankan



Picture : http://fheybot.blogspot.co.id/2012/10/sibuk-sibuk-dan-sibuk.html
Dalam situasi pekerjaan yang menumpuk serta membosankan biasanya mental pun akan turun dan gairah untuk mengerjakan pekerjaan akan menurun atau bahkan akan menghilang, jika sudah begini interaksi dengan atasan atau dengan keluarga di rumah biasanya akan bermasalah, kita bisa jadi kurang berkomunikasi dengan orang-orang di sekitar kita karena kita sibuk dengan pekerjaan kita, maka sebab itu kita harus dapat menyiasati agar pekerjaan yang kita lakukan tidak merusak kehidupan kita.

 Yang harus kita lakukan yaitu bersyukur atas pekerjaan apa yang kita dapatkan, yang terpenting pekerjaan tersebut halal dan tidak merugikan orang lain, jika kita melihat kebawah maka kita akan bersyukur atas apa yang kita dapatkan karena dengan begitu kita bisa mengurangi beban pada mental kita. Kemudian kita coba untuk menata setiap pekerjaan yang di dapat, contohnya seperti kita tidak melalaikan pekerjaan yang diberikan oleh kita karena kita mengetahui akan ada tugas baru, kemudian kita anggap santai dan jangan terburu-buru kita bisa melakukannya sedikit demi sedikit, dibandingkan jika kita harus menyeselesaikannya pada hari yang sama atau hari sebelumnya. Kita juga meminta partner kerja atau kelompok kerja untuk mengurangi beban tugas yang kita kerjakan dengan begitu pekerjaan akan lebih efisien jika kita lakukan bersama-sama. Atur lah waktu kita sebaik mungkin agar setiap pekerjaan kita tidak menumpuk, dengan begitu kita bisa merasa nyaman dan tidak terbebani dalam pekerjaan yang kita jalani. Jika memang pekerjaan terlalu banyak misalkan permintaan client yang berada di hari raya mengalami peningkatan, kita bisa melakukan kerja lembur jika memang harus dibutuhkan atau jika tidak kita bisa melakukan shift-shiftan bersama partner kerja kita. Lakukan juga komunikasi yang baik antar sesama pegawai agar kita di kenal dan disegani, dalam arti kata mereka mengetahui keberadaan kita dengan begitu mereka pun akan respect terhadap kita, mungkin jika kita mengalami hal buruk maka teman kita pun mungkin akan membantu baik berupa meteri maupun penyemangat. Kita juga dapat berbagi kepada teman kerja kita baik berupa makanan maupun pengalaman sehingga hari hari yang kita hadapi akan bertambah kualitas serta pengetahuan dari setiap pengalaman orang lain yang kita dapatkan. Jangan lupa kita selalu menegur sapa, saling memberi salam dengan senyuman dengan begitu orang lain akan membalas salam kita dengan baik dan juga akan meningkatkan hubungan antara sesama teman kerja. Jika kita memiliki uang lebih kita bisa berbagi pada office boy atau tukang bersih-bersih dengan memberikan sedikit rezeki kita, jangan terlalu tinggi hati jiika kita memiliki pangkat yang besar dalam pekerjaan kita, karena kita hidup tidak sendiri tetapi berdampingan saling berkomunikasi sartu sama lain.
Jika kita mulai merasa bosan kita bisa melakukan relexasi seperti meminum kopi atau teh, dengan begitu pikiran kita akan terasa lebih relex serta kinerja otak pun akan meningkat. Kita juga dapat melakukan pekerjaan kita seperti diluar kantor seperti dalam café agar suasan atau mod kita dalam mengerjakan tugas akan meningkat, tetapi biasanya tidak semua pekerjaan bisa dilakukan di luar kantor hanya freelancer atau pekerja projekan saya yang memiliki waktu luang. Nah untuk pekerja kantoran kita bisa memberikan pernak pernik pada meja kantor kita seperti mainan action figure, foto orang terkasih atau juga bisa tanaman sintetik agar suasana di kantor kita lebih nyaman dan relax sehingga mod kita akan naik. Jika pekerjaan kita mulai terasa membosankan kita bisa mengambil cuti untuk berlibur bersama orang terkasih, dengan begitu pikiran kita akan fresh dan mod untuk mengerjakan pekerjaan akan meningkat, kita juga bisa melakukan senam sehat lima menit sebelum melakukan pekerjaan agar otot-otot pada tubuh kita jadi rilex. Kita juga bisa sesekali bermain game untuk menghilangkan penat yang terasa pada pikiran kita, bisa juga kita membaca berita seputar informasi disekitar kita atau menonton film yang kita sukai, atau juga kita bisa sambil mendengarkan musik saat kita sedang mengerjakan pekerjaan kita. Kita juga bisa keluar dari ruangan kantor kita untuk menghirup udara segar agar pikiran kita lebih fresh. Setiap pekerjaan yang diberikan oleh kita harus dikerjakan dengan sepenuh hati dan dikerjakan dengan giat, dengan begitu peraasan positif pun akan timbul serta hasil yang kita kerjakan pun akan bagus. Jangan lupa kita selalu berdoa pada yang maha kuasa agar kita selalu diberikan kesehatan kekuatan untuk menjalani pekerjaan yang kita hadapi, kehidupan kita tidak hanya pada dunia saja tetapi ada kewajiban kita sebagai mahluk untuk taat kepada sang pencipta. Serah semua pekerjaan kita jika pekerjaan tersebut memang sudah diluar batas kemampuan kita dengan kita berdoa pada yang maha kuasa kita bisa melakukan komunikasi pada sang pencipta, dengan begitu batin kita akan terasa lebih tenang karena setiap urusan yang ada di dunia ini sudah diatur sedemikian rupa. Untuk itu kita tidak boleh stress terhadap pekerjaan, kecuali jika memang pekerjaan tersebut tidak membuat kita berkembang kita dapat pindah pekerjaan mencari yang lebih baik lagi yang sesuai dengan pasion atau kemampuan yang kita miliki, dengan begitu setiap pekerjaan walapun pekerjaan menupuk tetapi kita senang melakukannya karena pekerjaan tersebut sesuai dengan bidang yang kita sukai.
Pesan atau kiat saya singkatnya adalah jalanin setiap pekerjaan yang kita hadapi dengan senang hati serta syukuri apa yang kita dapat sekecil apapun rezeki yang halal dan jangan melalaikan pekerjaan jika bisa kita dapat melakukannya sedikit demi sedikit, jika kita merasa bosan kita dapat meluangkan waktu untuk beristirahat dengan cara memakan-makanan yang kita sukai atau meminum-minuman yang kita sukai atau juga kita dapat bermain game dalam waktu kosong kita agar fikiran kita tidak stress terhadap pekerjaan, dan juga kita saling berkomunikasi dengan teman kantor kita agar hubungan kita dengan teman kantor akan menjadi baik dengan begitu setiap ada urasan atau masalah yang kita hadapi, dapat dibantu oleh teman kerja kita. Jangan lupa juga untuk memberikan sedikit rezeki kita kepada orang yang membutuhkan, dan juga jaga kualitas komunikasi kita dengan keluarga, lingkungan serta kepada sang maha pencipta.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar